Jumat, 30 Desember 2011

Misteri angka 7

Misteri Angka Tujuh



Apa yang muncul dalam pikiran kita jika menyebut angka 7 !!! sebagian pasti menyebutnya sebagai the lucky number atau angka keberuntungan. Sebagian juga menyebutnya  hanya angka biasa saja. Bagi yang sering membaca kitab suci, angka 7 terasa sangat spesial.  Biasa di sebut nomor keberuntungan mungkin tidak lepas dari takhayul masa lalu yang menyatakan bahwa jika seseorang lahir pada tanggal yang habis jika dibagi tujuh, mereka seharusnya beruntung (7,14,21,28). Di Sepakbola pemain flamboyan sering memakai  angka 7 di jerseynya, Eric Cantona di MU, Beckham di MU, Raul Gonzales di Madrid, Shevcenko di Milan dll.

Dalam perspektif Islam angka ini merupakan sebuah misteri. Banyak ayat dalam Quran yang menyebutkan angka 7 terutama dalam peristiwa maha besar. 'Sang penggagas' Quran sepertinya ingin memberikan tantangan kepada orang-orang berilmu dan beriman tentang rahasia angka 7 ini. Quran menyebutkan langit terdiri 7 lapisan yang oleh ahli sains disebut sebagai: Troposfera, Stratosfera, Ozonosfera, Mesosfera, Termosfera, Ionosfera dan Eksosfera. Begitu pula bumi sama seperti langit juga terdiri 7 lapisan.

Dalam literatur islam juga di sebutkan surga dan neraka terdiri dari 7 lapisan. Surat pembuka dalam Quran Al Fatihah juga terdiri dari 7 ayat. Dalam Quran angka 7 merupakan angka paling sering disebut selain angka 1 (ahad). Quran Juga menyebutkan tentang 7 lautan. Dalam ibadah haji di perintahkan untuk Thawaf  mengelilingi Ka'bah 7 Kali dan Sa'i dari Safa ke Marwah 7 Kali, melempar jumrah juga 7 Kali. Muhammad menerima wahyu pada 17 Ramadhan, kisah Ashabul Kahfi yang luar biasa menceritakan 7 pemuda dalam gua.

Keistimewaan yang lain adalah jumlah hari terdiri 7 (ahad, senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu), tangga nada juga berjumlah 7 (do,re,mi, pa,so,la,si ), bahkan struktur atom juga terdiri dari 7. Ada 7 keajaiban dunia yang dicatat oleh petualang Antepater Sidon yang dikenal sebagai 7 keajaiban dunia kuno"Aku telah melihat tembok Babilonia yang agung yang di atasnya terbentang jalanan untuk kereta-kereta perang, dan patung Zeus di Alfeus, dan taman-taman gantung, dan Kolosus Matahari, dan karya besar yang membangun piramida-piramida tinggi, serta kuburan yang besar dari Mausolus; namun ketika aku melihat rumah Artemis yang menjulang ke awan-awan, yang lain itu semuanya kehilangan keindahannya, dan aku berkata, 'Tengoklah, selain Olympus, Matahari tidak pernah lagi melihat apapun yang sedemikian agung.'" (Antipater, Greek Anthology IKALI.58).

Agen rahasia daalm fiksi James Bond karangan Ian Flemming di kenal dengan nama 007. Lalu 7 buku dalam seri Chronicles of Narnia oleh CS Lewis ( 3 diantaranya sudah di filmkan, saya baru nonton 2 film itu). Masih ingat dengan film seven samurai karya Akira Kurosawa yang menceritakan tentang kepahlawanan 7 orang Ronin menghadapi bandit. Kata 'Indonesia ' terdiri dari 7 Huruf I,N,D,O,E,S,A.  Hampir lupa, tim favorit saya AC Milan juga telah 7 kali meraih juara Liga Champions Eropa.

The Lucky number bagi Gayus

Kemarin Albertina Ho telah memutuskan masa hukuman Gayus selama 7 tahun. Entah apa pertimbangan Albertina memilih angka 7 sebagai masa hukuman si anak nakal Gayus Tambunan ini. Mungkinkah Albertina ingin memberi pesan moral kepada Gayus tentang angka 7 sebagai angka sakral dalam agamanya. Bayangkan jaksa menuntut Gayus selama 20 tahun dan hanya di kabulkan hanya 7 tahun. Hukuman 7 tahun sama sekali belum dipermasalahkan oleh Gayus, justru bukan hukuman yang permasalahkan tapi rasa keadilan yang di tuntut. Sebagai karyawan level bawah sangat aneh jika hanya Gayus yang terlibat dalam perkara besar yang melibatkan duit ratusan milyar sampai trilyunan rupiah.

Penegakan hukum ini telah mati suri di pertegas kembali oleh angka 7 masa hukuman Gayus Tambunan. Angka 7 yang 'suci" ini semoga tetap memberikan semangat kepada Gayus dan pengacara kondang yang juga sudah berumur kepala 7, Adnan Buyung Nasution untuk tetap menyuarakan kebenaran dan membongkar jaringan besar mafia pajak.

Satu ayat dalam Quran surah 7 ayat 7 "maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka (apa-apa yang telah mereka perbuat), sedang (Kami) mengetahui (keadaan mereka), dan Kami sekali-kali tidak jauh (dari mereka)". Ingatlah sekeras apapun anda menyembuyikan kebohongan itu toh sang pengadil maha mengetahui segalanya.


--



Tidak ada komentar:

Posting Komentar